fakultas ekologi manusia

IPB Badge

logo * Beranda * Registrasi * Member Login * Kirim Artikel * Pasang Iklan Link * Tentang Kami Salah satu cara memecahkan masalah adalah jangan memulai dengan mempersoalkan bagaimana masalah itu terjadi, tetapi mulailah dengan bagaimana masalah tersebut dapat terselesaikan. 7 Tips Mempertahankan Konsumen Penulis: Penulis tanpa daftar / Diterbitkan: 01 Agustus 2009 / 9 komentar / Artikel Bisnis / 3,730 views Sponsor kami Ada 2 hal yang tidak dapat dipisahkan dalam aktivitas usaha, yaitu penjual dan pembeli yang satu dengan yang lainnya saling berinteraksi. Apapun jenis usaha yang kita jalankan baik bidang jasa maupun perdagangan tidak terlepas dari dua unsur tadi. Ada pepatah mengatakan bahwa konsumen adalah raja. Pepatah itu menurut saya masih relevan dengan kondisi sekarang atau bahkan bersifat universal. Penjual tidak akan bisa menjual kalau tidak ada konsumen, begitupun sebaliknya konsumen tidak akan dapat memenuhi segala keperluannya kalau tidak ada penjual. Menurut saya upaya mempertahankan konsumen jauh lebih sulit daripada mendapatkan konsumen baru. Setiap kegiatan usaha setiap orang akan berlomba-lomba mempertahankan konsumen dengan berbagai cara agar si konsumen tidak pindah menjadi pelanggan lain. Perlakukan konsumen sebagai raja lebih banyak dirasakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang jasa. Mari kita tengok bagaimana suatu bank, antara bank yang satu dengan bank yang lainnya berlomba-lomba memberikan pelayanan kepada nasabahnya dengan sebaik-baiknya. Mulai dengan dibukakan pintu masuk, ucapan selamat pagi pa.. bu, wajah petugas yang ramah penuh senyum sampai dengan hal-hal penawaran bantuan-bantuan lainnya. Kemudian kita tengok juga bagaimana perusahaan dealer mobil memberikan pelayanan, mulai dengan dibukakan pintu masuk dengan wajah yang ramah dari customer servis, diberikan berbagai penjelasan mengenai suatu produk yang ia jual, memberikan ucapan selamat sampai dengan diantarkannya kembali ke pintu keluar disaat si konsumen pulang. Trik-trik semacam itu mereka berupaya bagaimana merebut hati para customer untuk bisa menjadi mitra. Kalau mau bertahan hidup, itulah memang tuntutannya. Saya mempunyai pengalaman yang barangkali bisa bermanfaat bagi anda bagaimana mempertahankan kostumer. Begini, saya mempunyai usaha kecil yang dijalankan dari rumah sejak awal tahun 2001 dibidang rental komputer dan jasa pengetikan yang kemudian saya kembangkan dengan menambah jenis usaha berupa warnet, kursus komputer dan service komputer. Usaha kecil kecilan saya ini masih bertahan hidup sampai sekarang karena saya menerapkan konsep yang sepele, “Memberikan Pelayanan Yang Terbaik Buat Konsumen”. Bagi anda yang mempunyai kegiatan usaha yang sama seperti saya atau apapun usaha yang tengah anda jalankan, ada cara sederhana bagaimana mempertahankan kosumen agar selalu memberi uang kepada kita. Inilah tips untuk anda : 1. Sapalah konsumen dengan baik. Maksudnya adalah, ketika konsumen dateng ke tempat kita, sambutlah dengan senyum, sedapat mungkin ucapkan selamet pagi atau siang pa..bu. Point pertama sudah kita dapatkan berupa kesan “ramah”. 2. Tanyakan apa keperluannya. Kita harus pro aktif menanyakan terlebih dahulu apa keperluan konsumen dengan ucapan “ada yang perlu saya bantu?”. 3. Berikan kualitas terbaik. Setiap produk yang kita berikan harus yang terbaik. Jangan sekali-kali kita memberikan kepada konsumen asal asalan. Hal ini akan menciptakan kesan buruk bagi pelanggan terhadap produk yang kita jual. 4. Berikan harga yang wajar. Pada tingkat persaingan yang ketat harga suatu produk atau layanan sangat menentukan. Untuk membeli sesuatu konsumen biasanya memilih-milih tempat mana yang lebih murah. Berikan mereka dengan harga yang wajar tapi tetap dibarengi kualitas yang baik, basanya konsumen akan balik lagi ke tempat kita. 5. Tepati Janji. Upayakan setiap janji yang kita berikan kepada konsumen untuk selalu ditepati. Jangan sekali-kali kita memberikan janji kepada konsumen kalau memang kita tidak bisa memenuhinya. Hindari jangan sampai konsumen bolak balik ke tempat kita hanya karena janji yang tidak bisa kita tepati, waktu dan uang sudah mereka buang gara-gara janji kita yang tidak tepat. Konsumen akan kecewa dan pindah ke tempat lain. Ujung- ujungnya yang rugi kita sendiri, kehilangan konsumen. 6. Ciptakan kekeluargaan. Pada saat kita tengah memberikan pelayanan, jangan cenderung terfokus pada hasil penjualan akhir saja. Maksud saya, pada saat proses pemberian pelayanan berlangsung kita jangan bersikap monoton. Libatkan mereka dalam suatu obrolan yang ringan-ringan, misalnya menanyakan tempat tinggal atau bisa juga menanyakan tentang keluarga mereka. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan hubungan. 7. Ciptakan ikatan psikologis. Hal ini dapat dilakukan apabila kita sudah bisa menciptakan ikatan kekeluargaan dengan konsumen. Untuk menciptakan ikatan bathin saya lakukan dengan cara memberikan ucapan pada momen-monen tertentu, misalnya ucapan selamat ulang tahun, selamat hari raya dan sebagainya. Cukup dengan cara kirim sms. Kiat ini cukup ampuh karena konsumen merasa diperhatikan. Nah kalau ikatan bathin sudah terbentuk sulit bagi konsumen untuk pindah ke tempat lain. Tujuh tips itulah saya lakukan demi mempertahankan pelanggan. Konsep ini selalu dipertahankan karena saya mempunyai prinsip bahwa pelanggan adalah nyawa usaha saya. Sangat sederhana sekali tapi memang hasilnya cukup baik bagi usaha yang kecil ini bisa bertahan sampai dengan sekarang sekalipun diterpa krisis ekonomi. Nah bagaimana dengan anda?, barang kali punya pengalaman yang lebih bagus dari dari saya, mari kita berbagi pengalaman. Semoga bermanfaat. Krishna@2009 http://warunginfobisnis.blogspot.com Dikirim oleh: Krishna Tags iklan: aktivitas usaha, konsumen, tips mempertahankan konsumen 9 komentar tentang 7 Tips Mempertahankan Konsumen * TIPS MENGHADAPI INTERVIEW « TEA MORNING INFO 24 Nopember 2009 12:12 […] 7 Tips Mempertahankan Konsumen […] * septya 17 Januari 2010 20:12 tips nya bagus…. di tempat kerja saya, selalu menggunakan cara seperti itu sebelum saya baca tips ini,,.,, dan Alhamdulillah sampai sekarang saya betah kerja, bahkan kita sebagai karyawan sangat di hargai oleh atasan dan sesama teman kerja, dan sangat kekeluargaa. ayo tema2 yang punya usaha, jangan takut untuk menghadapi konsumen, ya,,,, memang sih kadang2 ada konsumen yang kadang bikin hati emosi.,… tapi itu lah yang namanya kerja kudu sabar apalagi bidang jasa…. thank’s y tipsnya salam kenal * Julianto Prasetyo 24 Januari 2010 15:50 betul banget, konsumen adalah raja.. sebisa mungkin jangan buat konsumen kecewa.. apalagi kalo bisnis kita jual jasa, kepuasan pelanggan adalah nomor satu. salam kenal, * fajrin 6 Februari 2010 00:54 Konsumen adalah raja… tapi g sedikit konsumen yang memang berniat ngerjain kita * donadzku 24 Februari 2010 13:22 trims nich infonya…sukses ya * networkrat 31 Mei 2010 06:35 Salam Kenal, Semoga Sukes…!!! * Yustina Dwi Any Carlita Dewi 1 Juni 2010 15:54 Makasih ya tips nya…oke banget…tambahan ya…tentang pelayanan: kalo dagangannya berupa barang (bukan jasa)..plus antar ke tempat tujuan (jika dekat tanpa ongkos kirim). * yusuf 4 Juni 2010 19:40 trimakasih sudah memunculkan tips ini, akan saya coba, mudah2an bisnis saya maju…..AMIN….. Mau Berkomentar ? Silahkan … Nama (harus diisi) Email (tidak akan dipublikasikan) (harus diisi) Website 7 + 10 × 8 = ? Artikel Dari Penulis * Makanan dan Olahraga Yang Baik Untuk Wanita Hamil * Mengenal SEO untuk mencari traffic * Mencari uang menggunakan media facebook * CACING MENJADIKAN MASALAH DI HEWAN * Homeostatis di Subconscious Mind, Si Penghambat Kesuksesan Tanpa Batas * Khasiat sarang walet * 7 Tips Mempertahankan Konsumen * cara mengatasi obesitas dan kanker * Bagaimana Memilihkan Sekolah Yang Tepat Untuk Anak Anda? * Bisnis Iklan Baris, Baguskah? 10 Artikel Terakhir * Makanan dan Olahraga Yang Baik Untuk Wanita Hamil * Khasiat Propolis Lebah * Bahaya efek dari Gigi Berlubang * Mengenal SEO untuk mencari traffic * Goji buah super rahasia awet muda dari pegunungan Himalaya * Mencari uang menggunakan media facebook * CACING MENJADIKAN MASALAH DI HEWAN * Homeostatis di Subconscious Mind, Si Penghambat Kesuksesan Tanpa Batas * Sepucuk Surat untuk Teroris * Khasiat sarang walet Baca Artikel di Email Kamu? Bisa! Kategori Artikel * Artikel Aneka * Artikel Binatang * Artikel Bisnis * Artikel Bisnis Online * Artikel Cerita Dewasa * Artikel Flora & Fauna * Artikel Forex * Artikel Kesehatan * Artikel Makanan * Artikel Olahraga * Artikel Search Engine Optimasi * Google Adsense * Mindset * Tips Kecerdasan Anak Sponsor kami Statistik Member: 995 orang Artikel: 93 artikel IKLAN LINK Tingkatkan Trafik & PageRank Anda Dgn Memasang Iklan Link Disini, Hanya Rp 30.000/Bulan! Link akan ditampilkan di setiap halaman. * Baju Muslim * Iklan Tanpa Daftar * Pasang Iklan * Saya Kaya, Saatnya Anda Sekarang Yang Kaya * Sukses menjadi jutawan lewat internet Copyright by © Artikel Direktori Online Indonesia 2008. Allright reserved. Iklan Baris Gratis – Iklan Gratis – Pasang Iklan Gratis – Iklan Baris Gratis

Comments are closed.